Minggu, 19 April 2009

Kekalahan dari dalam

Sugesti berarti suatu proses psikologi dimana seseorang bisa atau mampu untuk mengarahkan pikiran, perasaan dan tingkah laku orang lain (Wikipedia). Sugesti mempengaruhi seseorang sehingga menerima pikiran dan keyakinan tanpa bersikap kritis. Sugesti dapat membawa dampak positif namun juga membawa dampak yang negatif. Berdampak positif ketika sugesti dapat merubah seseorang menjadi lebih baik, berdampak negatif ketika merubah menjadi sesuatu yang tidak baik.
Beberapa waktu yang lalu saya mengalami sesuatu yang menyebabkan kekalahan fisik pada diri saya. Entah apakah itu yang disebut sugesti atau bukan, yang pasti kekalahan tersebut berasal dari dalam diri sendiri, ketakutan yang berlebihan disertai pikiran yang menjatuhkan. Kondisi fisik tiba-tiba saja menjadi lemah, keringat dingin keluar, wajah pucat, dan kaki tak berdaya menopang tubuh. Sungguh peristiwa yang saya sendiri pun tidak mengerti, mengapa hal itu bisa terjadi.
Belajar dari hal tersebut, ternyata sumber kekalahan adalah dari diri sendiri. Kekalahan dari dalam lebih kuat daripada faktor-faktor lain dari luar. Keadaan diri sendirilah yang menentukan segalanya, tidak hanya aspek fisik saja tetapi menyangkut banyak aspek. Kepercayaan diri, keyakinan diri, menjadi faktor penentu sebelum adanya faktor-faktor lain. Keadaan itulah yang membawa kita untuk semakin menghargai akan kemampuan kita.
Kalau diri sendiri mau mengakui bahwa 'saya bisa', maka itulah awal dimana kekuatan itu ada. Kekuatan adalah berawal dari diri sendiri.

Tidak ada komentar: