Sabtu, 16 Mei 2009

Akhir kuliah

Setelah melewati masa panjang selama berkuliah, pada akhirnya tanggal 24 April 2009 yang lalu saya menjalani masa penentuan dimana itulah saat-saat akhir dalam masa kuliah. Ya pendadaran... Dalam waktu satu setengah jam berada diruangan bersama empat dosen penguji, saya merepresentasikan apa yang telah saya buat selama dua semester.
Selama dua semester itu saya diarahkan oleh dua dosen pembimbing. Nasehat, saran, bimbingan yang akhirnya membuat diriku semakin bersemangat untuk dapat menyelesaikannya. Tidak hanya dalam aspek edukasi saja tetapi ternyata bimbingan moral yang membuat diriku semakin terpacu. SEMANGAT!!!SEMANGAT!!!SEMANGAT!!! kata yang sering ku dengar dari dosen pembimbingI (NAH). Yah...motivasi yang membuat diriku semakin yakin bahwa saya sanggup menyelesaikannya...
Akhirnya terselesaikan juga.. Tiba saatnya pukul 14.00 WIB tanggal 24 April 2009, yang kata orang moment paling 'mengerikan', pendadaran.. Masuk ruangan - persiapan viewer - dosen datang - berdoa - presentasi teori - demo program - tanya jawab - keluar ruangan - masuk ruangan lagi - pengumuman kelulusan dan revisi - ucapan selamat - selesai keluar ruangan dengan senyuman. Ya..kujalani moment tersebut dengan mengalir saja. Anggapan orang bahwa itu 'mengerikan' ternyata salah...seperti presentasi ketika ada tugas kuliah pada umumnya.
Dari pengalaman yang saya alami, saya mau berbagi bahwa sebenarnya yang menyebabkan 'mengerikan' itu adalah dari diri sendiri. Ketakutan, kekhawatiran, kebimbangan, ketidakpercayadirian, dsb adalah faktor penghambat utama, jadi coba hilangkan itu semua dari diri kita. Dengan syarat bahwa apa yang akan kita lakukan sudah dipersiapkan secara matang sebelumnya, baik fisik maupun psikis, dan yang lebih penting lagi adalah mengerti dan memahami apa yang kita kerjakan.

Tidak ada komentar: