Minggu, 30 September 2012

Sedikit Kecewa dengan Layanan Kereta Pramex

Madiun Jaya (Manja) AC
Saya sebagai pelanggan setia pramex (Prambanan Express) Jogja-Solo (paling tidak satu bulan sekali) merasa kecewa dengan layanan yang diberikan oleh dinas perkeretaapian. Bagaimana tidak jadwal pramex yang dulu cukup banyak sekarang beberapa jadwal keberangkatan ditiadakan. Beberapa jadwal keberangkatan digantikan dengan adanya kereta manja (Madiun Jaya AC) yang harganya dua kali lipat dari harga tiket pramex. Di awal-awal memang kereta manja cukup nyaman, karena setiap penumpang pasti akan mendapat tempat duduk sesuai nomor kursi pada tiket yang telah dibeli, namun untuk saat ini kereta manja pun terdapat tiket berdiri (tidak dapat tempat duduk) dengan harga normal dua puluh ribu rupiah. Saya juga sempat merasakan dapat tiket berdiri.

Menurut saya kereta manja sekarang tidak ada bedanya dengan pramex, adanya AC hanya sebuah label saja, tidak ada bedanya jika di dalam tetap saja berdiri. Sekarangpun pengguna pramex semakin banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk jadwal-jadwal tertentu kreta pramex selalu dipadati penumpang, bahkan tidak ada ruang kosong diantara kursi penumpang. Lebih parah lagi sudah tahu penuh tetap saja ada kreta makanan yang lewat, sangat-sangat membuat tidak nyaman penumpang.

Kereta api menurutku transportasi umum nomor satu yang bisa digunakan. Namun jika seperti ini terus, penumpang bisa kecewa. Saya juga tidak tahu bagaimana cara mengatasi melonjaknya penumpang, ditambah jadwal lagi mungkin???

------------------------

Sebagai tambahan, saya sertakan jadwal KA Pramex dari stasiun Lempuyangan s.d. stasiun Balapan atau sebaliknya, berlaku mulai tanggal 20 Juli 2012  
-- maaf kalau gambar kurang jelas :) --

Jadwal Prameks dan Manja

Tidak ada komentar: