Jumat, 26 Oktober 2012

Refreshing Sejenak Ke Taman Balekambang


Taman Balekambang
Tadi siang kurang lebih pukul 14.15 WIB saya meluangkan waktu sejenak untuk berkunjung ke Taman Balekambang, Surakarta, Jawa Tengah, lokasinya tidak jauh dari stadion Manahan Solo. Ini untuk ketiga kalinya (kalau tidak salah) berkunjung ke taman ini. Kali ini bertepatan juga dengan hari ulang tahun Taman Balekambang yang ke-91, juga digelar pasar seni selama empat hari mulai tanggal 25-28 Oktober 2012.

Mungkin saya kurang beruntung ya :) karena siang tadi ketika berkunjung tidak banyak barang / pertunjukan seni yang dipertontonkan. Hanya beberapa kios saja yang masih buka dan hanya beberapa 'barang seni' yang terlihat. Saya hanya lihat sambil jalan langsung melewati kios dan menuju ke taman air. Ada beberapa orang yang sedang mancing berjejer di taman, mungkin saat itu ada perlombaan memancing. Ada juga perahu air (sepertinya kurang tepat dengan nama ini) yang berjejer di tepi kolam menunggu pengunjung untuk menaiki kendaraan ini mengitari kolam taman Partini Tuin.

Setelah berhenti sejenak di taman air ini, kemudian saya kembali ke lokasi depan taman namun melewati jalur yang berbeda. Kali ini saya melihat rusa yang katanya juga binatang khas Taman Balekambang dan juga beberapa ayam kalkun, lucu juga :)

Akhirnya saya berada di depan taman, dan saya duduk di pinggir patung Partinah Bosch. Saya juga lihat -dalam rangkaian acara ini- ada 'tempat mainan tradisional', 'egrang' begitu saya menyebut mainan ini dikampung saya. Ada beberapa orang yang yang mencoba menaiki dua bambu untuk dua kaki dan menjalankannya. Mengingatkan saya dulu waktu masih kecil  pernah membuat mainan ini dan berlomba dengan teman-teman untuk beradu kecepatan.

Setelah melihat semua saya kembali pulang menuju tempat parkir, namun saya melihat ada papan informasi sejarah Taman Balekambang:
Sejarah Taman Balekambang
" Taman Tanda Cinta Orang Tua "
 Taman Balekambang yang memiliki nama asli Partini Tuin dan Partinah Bosch, dibangun oleh KGPAA Mangkunegoro VII, pada 26 Okbtober 1921 sebagai tanda cinta kepada kedua putri beliau.
Itulah sebabnya pada awal taman ini dibagi menjadi dua area. Area pertama diberi nama Partini Tuin yang berarti Taman Air Partini. Partini adalah putri tertua KGPAA Mangkunegoro VII.
Area kedua dinamakan Partinah Bosch yang berarti Hutan Kota Partinah. Kedua taman inilah yang kemudian dikenal sebagai Taman Balekambang.

Sejenak ber-refreshing, cukup menyenangkan :)


Partini TuinPartinah Bosch

Perahu AirPasar Seni

Pasar SeniMainan Tradisional Egrang

Tidak ada komentar: