Selasa, 16 Oktober 2012

Touring Refreshing, Candi Gedong Songo

Driving
Pada tulisan sebelumnya, saya pernah bercerita tentang kendaraan baru yang saya miliki. Untuk kedua kalinya Immanuelo dibawa touring ke luar kota, Solo-Salatiga (sebelumnya Jogja-Solo). Namun tidak hanya dikota ini saja, perjalanan dilanjutkan ke tempat wisata yakni Candi Gedong Songo yang terletak di daerah Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Kali ini wisata dadakan, karena tujuan wisata baru ditetapkan ketika berada di Salatiga, itupun menggunakan fasilitas pencarian Google, dengan kata kunci 'tempat wisata salatiga'. Dan akhirnya menemukan tempat yang indah, sebuah candi yang terletak di lereng pegunungan, Candi Gedong Songo.

Saya beserta adik saya akhirnya menuju tempat itu. Dengan Immanuelo saya menikmati perjalanan ini, melewati jalan yang berkelok, naik dan turun. Menyenangkan sekali berkendara melewati jalan seperti ini, bermain gigi persneling, bermain gas naik turun pula, dan juga mendahului kendaraan-kendaraan lainnya seraya seorang rider.

Setelah perjalanan kurang lebih 75menit dari kota Salatiga, akhirnya kamipun sampai di Candi Gedong Songo. Wah indah sekali pemandangannya, asri, dan sejuk. Ternyata lokasi candi yang akan dikunjungi tidak berada pada tempat yang sama. Semuanya terpisah-pisah jauh dari yang paling bawah hingga atas, semuanya berjumlah lima candi.

Baru sampai diarea wisata candi, kami langsung ditawari untuk naik kuda. Ternyata di tempat ini ada penyewaan jasa kuda untuk bisa melalui semua candi tanpa harus berlelah-lelah berjalan. Dari sinipun sudah terpikir kalau lokasi candi terakhir (Candi V) pasti jauh sekali. Namun kami tetap berjalan karena disinilah letak kenikmatannya :D Bekerja keras dengan tenaga sendiri untuk bisa sampai tujuan.

Kami pun berjalan seperti layaknya ninja hatori, mendaki gunung lewati lembah, begitulah kira-kira, karena memang benar untuk mencapai lokasi candi berikutnya harus melewati jalan yang naik, dan kadang turun. Namun jalan untuk dilewati sudah sangat baik, sehingga sangat nyaman bagi pejalan kaki :)

Dari keseluruhan candi yang telah dikunjungi, semua candi utama memiliki kemiripan bentuk. Jadi misalkan ditanya candi yang keberapa kemungkinan saya akan sulit menjawab, kecuali jika ditunjukkan semua bentuk candi (termasuk lokasi dan batu-batu lain).

Secara keseluruhan saya sangat menikmati berada di tempat wisata ini. Mengamati benda bersejarah yang ada di Indonesia, menyegarkan mata dengan indahnya pemandangan, menghirup udara yang begitu segar, menyegarkan badan dengan berjalan kaki. Luar biasa indahnya ciptaan Tuhan. Terima kasih Tuhan atas karya-Mu yang luar biasa.

Gerbang Dalam Candi

Taman Candi

Candi IV

Kuda




Tidak ada komentar: