Servis KTP Listrik

Senin kemarin saya berada di Jogja untuk mengurus beberapa hal, yaitu servis motor, ambil eKTP, dan registrasi pasang listrik baru. Sebenarnya tidak direncanakan karena awalnya hanya mau melakukan servis motor di dealer tempat saya membeli. Alasannya simpel kenapa saya jauh-jauh ke Jogja hanya untuk servis, yaitu karena saya mendapat kupon undian, siapa tahu setelah mengisi dan mengirimkannya bisa dapat motor, doakan ya :-)

[Servis Motor]
Hari Sabtu saya sampai di tempat servis pukul 15.50 WIB, saya pikir pelayanan masih buka, karena saya lihat ada informasi buka sampai malam pukul 19.00 WIB, ternyata itu hanya berlaku dari hari Senin s.d. Jumat. Sayapun harus kembali ke rumah dan menunggu hari Minggu karena meski hari libur tetap buka setengah hari. Akhirnya hari Minggu saya kembali ke tempat sevis, ternyata antrian sudah banyak dan mekaniknya juga hanya terbatas, jadi saya tidak mendapatkan antrian dan gagal untuk servis pada hari itu. Saya kembali ke rumah lagi dan saya lihat pada selembar brosur servis ada informasi layanan booking service vis SMS, "Wah kalau tahu begini saya booking dulu pagi tadi.", sesalku setelah lihat brosur itu. [Booking service via SMS atau sejenisnya, saya kira layanan yang wajib dimiliki bagi para pengusaha, agar kebutuhan konsumen terpenuhi secara mudah.]

[e-KTP]
Pembuatan e-KTP yang sudah saya lakukan secara bersama sejak bulan November 2011 akhirnya telah jadi dan sudah saya miliki. Undangan pengambilan sudah ada sejak bulan Agustus 2012, namun baru bisa saya ambil bulan ini. e-KTP saya ambil di Balai Desa dengan menyerahkan KTP lama, mungkin untuk wilayah perkotaan kartu e-KTP bisa diambil di Kecamatan. NIK pada e-KTP sama persis dengan NIK lama, jadi tidak perlu kuatir jika sebelumnya pernah mengurus beberapa hal memakai KTP lama.

[Registrasi Pasang Listrik Baru]
Pemasangan listrik baru sekarang memakai pulsa, saya juga baru tahu setelah saya mengunjungi kantor PLN guna melakukan registrasi pemasangan listrik baru. Yang baru saya tahu juga proses registrasi dan instalasi ternyata tidak dalam satu kantor. Biaya yang dibutuhkan juga sendiri-sendiri. Untuk daya 900 watt ditambah pulsa 50 ribu kira-kira biaya yang dibutuhkan adalah 750 ribu. Sedangkan biaya instalasi lebih mahal daripada biaya pemasangan baru, total biaya yang dibutuhkan 2 juta, jadi biaya instalasi hampir tiga kali lipat dari harga buka daya, apakah memang benar seperti itu??? Katanya tergantung lokasi, jika jarak makin jauh, maka harga bisa semakin tinggi pula. Jujur sebenarnya saya tidak terima dengan pernyataan ini. Menurut saya sebaiknya perkiraan biaya langsung diberikan di kantor pusat saja, dengan rincian biaya yang detail, misal biaya buka baru sekian, harga hardware: meteran, kabel per meter per jenis, stop kontak, dll, dan biaya jasa pasang. Dengan cara seperti itu konsumen tahu dengan jelas biaya yang dikeluarkan.

Hmmm... sharing tanpa penutup :-) ada senang ada kecewa!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tela Telo

Menemukan Sukacita dalam Keseharian: Refleksi Seorang Programmer tentang Iman

Belajar Menggambar