Jumat, 25 Maret 2016

Hari Jumat

Jumat Agung
Hari ini umat Kristen memperingati hari Jumat Agung, hari dimana Tuhan Yesus menderita dan mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia. Pagi hari tadi saya pergi beribadah ke Gereja dan mengikuti perjamuan kudus. Kali ini saya pergi ke Gereja yang berbeda dari biasanya, di Gereja ini masih menggunakan cawan (tuwung) sebagai tempat air anggur, yang biasanya menggunakan sloki sebagai wadahnya. Satu cawan diisi air anggur dan diedarkan untuk diminum oleh beberapa jemaat. Bersyukur dapat beribadah dan mengingat kematian Yesus yang telah mati untuk saya sehingga saya bisa hidup. -- "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yoh 3:16)

Toko Buku
Siang hari saya pergi ke toko buku, sekedar refreshing dan mencari inspirasi dengan hal-hal baru dengan membaca buku. Ada satu buku yang mirip dengan pengalaman yang saya alami ketika bekerja. Beberapa pointnya adalah mencari jalan keluar itu mengasikkan, mencari solusi itu menyenangkan, mendapat solusi itu membahagiakan, dan kreatif akan memberikan makna. Mirip ketika saya sedang menulis kode.
Berpindah ke toko buku lain, dan mendapatkan buku-buku murah (harga mulai lima ribu rupiah). Saya membeli tiga buku bacaan, bukan buku teknis (komputer dan pemrograman), tentang Rama dan Sinta, tentang teknologi, dan tentang makanan. Paling tidak bisa memberi kesegaran dan menambah wawasan dari persepektif yang lain.

Konfigurasi ElasticSearch
Akhirnya setelah kurang lebih satu minggu mencari jalan keluar, akhirnya saya mendapat hasilnya. Membahagiakan!!! Sesuai buku yang saya baca tadi siang. Mempelajari hal baru itu tidak mudah, butuh perjuangan, harus belajar sana-sini, baca buku, baca artikel, tanya forum, lihat tutorial, dan harus tetap semangat, kalau tidak bakal putus asa dan tidak mendapat hasil. Saat ini saya sedang mempelajari tentang NoSQL (istilah dalam komputer, tentang manajemen basis data) dan memakai produk couchbase. Saya sedang menghubungkan couchbase dengan elasticsearch, sehingga hasil pencarian dapat lebih baik. Butuh waktu tenang, sendiri, tanpa gangguan untuk menyelesaikan masalah yang seharusnya tidak terlalu sulit. Saatnya meneruskan koding menggunakan hasil dari elasticsearch. Yeaa!!!

Tidak ada komentar: