Minggu, 29 Oktober 2017

Satu Jari



Apa rahasia dalam kehidupan ini? Jawabannya hanya dengan mengacungkan satu jari telunjuk. Satu jari. Ya satu jari menggambarkan satu hal. Apa itu? Hanya Anda sendiri yang tahu apa satu hal itu.

Kalimat diatas memulai sedikit tentang pentingnya satu hal yang bisa memberi dampak besar dari apa yang kita kerjakan. Kalau kita memeriksa kembali kehidupan kita, akan ada banyak sekali hal-hal yang akan dilakukan. Saya sendiri memiliki daftar tugas yang banyak. Apakah semua hal itu akan dikerjakan secara acak? Apakah mungkin semuanya akan dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Memang ada banyak hal yang mampu untuk dikerjakan, tapi bukan itu yang penting. Melakukannya berarti sama saja melakukan kesibukan yang tidak memiliki dampak yang besar. Yang paling penting adalah mengerjakan apa yang harus dikerjakan.

Manusia tidak akan mungkin mengerjakan semuanya secara bersamaan. Bagaimana mungkin dua atau lebih pekerjaan dikerjakan dalam sekali waktu. Itu hanya mitos kalau orang bisa  mengerjakan dalam sekali waktu. Pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik hanya kalau dia fokus pada satu hal. Satu hal yang akan memberikan kesuksesan kalau dikerjakan dengan baik, dan itu akan berdampak kepada hal lainnya. Semuanya terjadi secara berurutan, satu keberhasilan berdampak pada keberhasilan yang lain. Satu hal bisa menghasilkan banyak hal.

Ingat prinsip pareto 20/80. Dengan usaha 20 persen akan menghasilkan 80 persen. Bisa juga, dengan fokus 20 persen akan memberikan dampak 80 persen. Tapi itu bukan aturan yang baku, bagian 20 persen bisa dipecah lagi menjadi bagian yang lebih kecil lagi, hingga mendapat satu hal yang paling penting. Banyak hal yang penting, tapi hanya ada satu hal yang paling penting. Dan kita wajib mencari tahu satu hal itu.

Sesuatu yang bisa saya terapkan dalam kehidupan saya adalah menentukan satu hal yang akan dikerjakan dalam waktu satu minggu ini. Apa yang bisa saya hasilkan dalam satu minggu ini. Atau bisa saja dipersempit lagi, dalam satu hari ini apa yang akan saya hasilkan. Misal satu hari ini saya akan fokus membaca satu buku. Berarti segala hal yang mengganggu proses membaca akan disingkirkan. Fokus pada buku itu dan hiraukan yang lain. Singkirkan distraksi seperti HP, komputer, TV, dll.

Satu jari, satu hal. Harus kita sendiri yang mencarinya! Pelajaran berharga bagi saya yang mengalami banyak masalah dengan banyak hal, tugas, tanggung jawab, bahkan informasi. Mengingatkan saya betapa pentingnya memusatkan satu hal untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Tidak ada komentar: