Kesehatan Tubuh Diperlukan Selama Perjalanan

Seperti biasa, tiap bulan Desember, saya melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman, ke rumah orang tua, tempat dulu saya dilahirkan, saat saya bertemu keluarga dalam kuantitas waktu yang cukup lama.

Perjalanan kali ini, saya merefleksikan tentang syarat penting untuk bisa melakukan perjalanan, yaitu berkaitan dengan kesehatan. Saya cukup sehat, sehingga selama perjalanan, saya mampu berekfleksi tentang beberapa hal yang sudah terjadi, dan beberapa harapan/kerinduan yang ingin dicapai, otak masih berfikir dan bekerja dengan baik. Ketika singgah untuk beristirahat saya masih bisa menyantap makanan dengan nikmat meskipun hanya makanan seadanya. Saya juga masih bisa pergi jalan-jalan dan memperhatikan hal-hal sekeliling yang ditemui dengan baik.

Perjalanan hidup yang sesungguhnya juga sama, membutuhkan kesehatan tubuh yang prima, lebih lagi perjalanan sepanjang hidup yang membutuhkan waktu yang lama, yang harus dilalui berhari-hari. Dengan tubuh yang sehat, ada banyak hal yang bisa dikerjakan, mengisi waktu-waktu yang ada dengan berbagai aktifitas. Kita bisa berkarya, melayani, dan menikmati setiap proses dengan maksimal.

Dalam Alkitab sendiri tubuh adalah bagian penting dalam hubungannya dengan rencana Tuhan terhadap manusia. Tuhan memakai tubuh manusia, yang adalah bait Allah untuk bisa dipakai menjadi alat-Nya untuk menyatakan karya-Nya dan kemuliaan-Nya. Tuhan memakai tubuh manusia sebagai tempat tinggal Roh Kudus untuk bisa menginspirasi manusia melakukan pekerjaan yang sudah Tuhan tentukan, untuk menggenapi rencana-Nya yang besar dan agung.

Bagi saya, perjalanan di tahun 2019 memaksa saya untuk menggumulkan pentingnya kesehatan. Pada awal tahun di bulan Januari, saya pernah meminta pada Tuhan, supaya diberikan kesehatan, baik fisik, psikis, maupun spiritual. Tuhan memberikan itu, dan saya merasa lebih baik. Bahkan di akhir tahun, saya bisa merefleksikan secara kolektif pentingnya memiliki hidup yang sehat.

Jadi selayaknya, manusia menjaga tubuhnya agar tetap sehat, agar Tuhan bisa memakai dengan efektif selama masih hidup.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tela Telo

Berlatih Piano, Senam Jari

Satu Jari