Sabtu, 20 Agustus 2016

Jahit Jeans

Saya punya beberapa celana jeans yang lumayan masih bagus, masih layak dipakai tapi bermasalah dengan resleting. Sayang kalau dibuang hanya karena resleting yang rusak. Daripada membeli baru lebih baik diperbaiki saja, bisa menghemat uang untuk dipakai hal-hal yang lain yang lebih berguna. Paling tidak ini adalah salah satu bentuk menghargai barang yang sudah dipercaya oleh Tuhan, harus merawatnya dengan baik, atau kalau tidak dipakai lebih baik diberikan orang yang membutuhkan. Ini juga cara mengatur uang yang sudah diberi Tuhan, uang harus dipakai dengan benar, karena itu pemberian yang harus bisa dipertanggungjawabkan.

"Vermak Jeans", seringkali saya lihat dipinggir-pinggir jalan atau dengan berkeliling, banyak orang yang menawarkan jasa jahit pakaian. Biasanya orang datang untuk memperbaiki kerusakan/perubahan kecil pada pakaian, kalau ada yang sobek, rusak, mengecilkan/membesarkan, merubah pola pakaian, dll. Sebelumnya saya sudah melihat-lihat tempat yang sekiranya bisa saya kunjungi, dan saya memakai tempat itu untuk memperbaiki. Letaknya ada dipinggir jalan, atap tidak permanen hanya dengan plastik dan tiang bambu saja. Dari hasil pengerjaan lumayan cepat  dan sangat lincah, hasilnya juga bagus. Saya kira tempat yang hanya dipinggir jalan juga tidak kalah baik dengan yang berada di tempat permanen, mereka tidak sembarang mengerjakan, mereka menjaga kualitas dan layanan agar pengunjung puas dan akhirnya datang lagi.

Jadi ingat dahulu ada pelajaran tata busana ketika sekolah. Harus membuat pola pakaian dan menjahit sendiri, dan mengalami kesulitan karena tidak bisa menjahit, dan akhirnya dibantu teman untuk menjahit :-)

Tidak ada komentar: