Belajar mengatur waktu


Time is money” pepatah yang kerap kali didengar, waktu adalah uang. Bagaimanapun juga waktu adalah waktu, dan uang adalah uang. Dengan waktu kita dapat menghasilkan uang, dengan uang kita mendapatkan barang. Dan dengan waktu dan uang pula kita dapat mendapatkan “sesuatu” yang berharga. Waktu adalah sangat unik, jika kita kehilangan uang kita dapat mencarinya lagi, tetapi jika waktu hilang dia akan pergi untuk selamanya.
24 Jam adalah waktu yang sangat panjang, apalagi di jaman modern seperti sekarang ini, semua bisa dilakukan secara instant. Dalam istilah komputer, “multitasking, multiprocessing“, banyak pekerjaan dapat dilakukan dalam sekali waktu. Tetapi sekali lagi kalau tidak pandai mengatur, waktu akan pergi begitu saja.
Saya akan memberikan sedikit tips mengatur waktu (mudah-mudahan saya juga bisa melakukannya, hehe…):
  • Kurangi tidur, kurangi tidur, dan kurangi tidur. Tips ini saya dapatkan dalam blog RomiSatriaWahono.net “3 Kiat Jitu Mengatur Waktu”. Saya sangat sependapat dengan hal ini. Waktu yang banyak ternyata hanya dihabiskan untuk tidur. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghasilkan sesuatu yang berguna. Jadi kurangi tidur, bertindaklah sesuatu!!
  • Gunakan untuk belajar, belajar, dan belajar. Gunakan semua waktu untuk belajar. Tidak hanya dalam bentuk pelajaran akademik semata, tetapi semua sisi kehidupan dapat dijadikan bahan untuk belajar. Cari hal-hal positif.
  • Prioritas. Buat skala prioritas. Mana yang memang benar-benar harus dikerjakan lebih dahulu. Susunlah skala prioritas yang tepat, yaitu dengan mendahulukan pekerjaan yang penting dan mendesak, kemudian pekerjaan yang mendesak meski tidak begitu penting, dilanjutkan dengan pekerjaan yang penting dan tidak mendesak. Prioritas terakhir adalah pekerjaan yang tidak penting dan juga tidak mendesak
  • Buat jadwal. Jadwal sebenarnya penting, tetapi sering ditinggalkan. Jadwalkan kegiatan, gunakan untuk memanfaatkan dan mengalokasikan berbagai kegiatan dengan baik.
  • Deadline. Tetapkan batas waktu (deadline) untuk semua rencana. Target waktu sangat penting agar dapat melaksanakan kegiatan lainnya. Hal ini juga berarti menghargai waktu dan menghargai diri sendiri. Dengan deadline kita selalu terpacu dan mendisiplinkan diri.
  • Kerjakan sekarang. Lakukanlah pekerjaan itu sekarang dan jangan menundanya. Menunda pekerjaan berarti menambah tumpukan tugas.
  • Berani berkata “tidak”. Belajarlah untuk berani berkata tidak untuk hal-hal yang dapat mengganggu kegiatan yang sudah direncanakan. Hal ini memang sepele tetapi sulit untuk dilakukan. Tetapi cobalah!
  • Waktu adalah milik-Nya. Ingat kita hidup karena-Nya (baca: Tuhan), selayaknya juga kita menyediakan waktu untuk-Nya pula. Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!
Sekali lagi pergunakanlah waktu secara bijak.
Pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat (Efesus 5.16)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tela Telo

Belajar Menggambar

Perjalanan!